Cara Membongkar Battrey Laptop

Untuk dapat membongkar battrey laptop dengan mudah kita harus tahu tips dan triknya. Ketika melihat body / chasing dari battrey tersebut tentu sulit dibanyangkan bagaimana mungkin dapat membongkar battrey  tersebut tanpa merusak tempatnya. Pertama amati garis sambungan yang berada pada posisi tengah chasing yang seolah olah membelah chasing tersebut. Garis sambungan tersebut memang sengaja direkatkan dengan lem sehingga untuk membuka chasing tersebut menjadi susah. Seperti yang tampak pada gambar diatas tipsnya adalah kita harus melunturkan lem pada sambungan dengan cairan super. Kabar baiknya cairan super tersebut sangat mudah kita dapatkan di toko - toko kelontong yang ada disekitar kita. Kebanyakan orang sering menyebutnya minyak telon / minyak kayu putih caplang. Minyak yang mempunyai ciri kas hangat ini mampu melunturkan lem yang digunakan pada sambungan chasing battrey  laptop.

Caranya sangat  mudah tetesi keseluruhan sambungan pada chasing battrey dengan minyak kayu putih caplang. Kemudian diamkan selama 5 - 10 menit agar minyak kayu putih tersebut benar - benar meresab dan terjadi reaksi kimia yang akirnya menghilangkan sifat perekat lem. Copot dengan hati - hati dengan mencungkitnya menggunakan obeng kecil. Perlu diingat bahan cashing battrey ini sebenarnya sangat mudah retak meskipun dari luar terlihat kuat. Trik ini sangat mudah dilakukan bahkan oleh orang awam sekalipun dengan tingkat keberhasilan yang cukup tingggi.


Jika berhasil dapat kita lihat sebuah susunan battrey dan  pcb ragkaian elektronika. Battrey yang digunakan sekilas secara bentuk memang mirip dengan battrey - battrey biasa yang dijual dipasaran. Jika kondisi batrey pada setiap sel normal maka ketika diukur dengan AVO meter tegangan (V) batrey tersebut adalah 4,5 Volt. Kebanyakan kasus yang sering dijumpai batrey laptop yang drob disebabkan hanya salah satu sel batrey yang rusak, sehingga sel battrey yang lainya dapat dimanfaatkan. Terdapat PCB elektronika yang mengatur jalannya battrey. PCB tersebut dihubungkan dengan kabel - kabel menjuu battrey. Terdapat beberapa port seperti pada gambar diantaranya port VH, VM, ML, VG serta terdapat dua sensor temperatur yang terlihat menxuat dan menempel dengan body battrey.

0 comments:

Post a Comment