Cara Membuat Lampu Hias dari Barang Bekas

Membicarakan inovasi tentu selalu menarik dan tidak ada habisnya. Apa lagi kalau menyangkut barang - barang bekas, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para inovator. Menjadikan barang bekas menjadi barang baru yang sedap dipandang menjadi tujuan awal yang terkadang ada kepuasan tersendiri bagi pelakunya. Berawal dari “Wisata Belanja di Pasar Loak Comboran” inspirasi itu datang dengan sendirinya. Ya sebuah lampu belajar bekas menarik untuk dipoles menjadi lebih keren. Setelah susah payah menawar akhirnya sebuah lampu belajar mungil berhasil saya bawa pulang.
Penampakan Lampu Bekas Sebelum di Rombak
Rencana lampu mungil ini akan dibuat agak panjang supaya bisa beralih fungsi menjadi lebih serbaguna. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut dibutuhkan tiang penyangga eksternal. Saya mulai mencari barang di gudang yang sesuai untuk dijadikan pendamping lampu mungil. Dan keberuntungan datang lagi, sebuah pipa pvc kecil berdiameter 1,5 cm terlihat cocok untuk mewujudkan project saya kali ini. Setelah bahan utama sudah terpenuhi, tugas selanjutnya adalah menyiapkan bahan pendukung dan beberapa peralatan pertukangan. Bahan pendukung yang dibutuhkan diantaranya sambungan pipa berbentuk “T”, sambungan berbentuk siku, penutup pipa, kabel listrik, serta cat pilok (cat semprot). Sedangkan untuk peralatan yang dibutuhkan diataranya Gergaji, Bor, Tang dan Obeng.
Pipa PVC sebagai bahan untuk tiang penyangga
Untuk mengawali pembuatan project ini marilah kita berdoa terlebih dahulu dan siapkan suasana hati yang rilek. Selanjutnya hal pertama yang mesti dilakukan adalah melepas leher lampu belajar dari alasnya yang berbentuk lingkaran gepeng. Tujuanya untuk disambungkan dengan pipa pvc yang lebih panjang. Untuk melepasnya cukup sulit, karena kondisi barang yang bekas dan berkarat maka perlu sedikit dipaksa menggunakan tang. Setelah terlepas barulah saya beralih mengambil penutup pipa untuk saya bor sesuai dengan bagian leher lampu. Bagian yang saya suka dari bekas lampu belajar tersebut selain leher yang fleksibel atau dapat dibengkokkan, juga terletak pada bagian ujung besi fleksibel yang mempunyai mur baut  sehingga mudah untuk disatukan dengan perangkat lainya. Ternyata hasilnya tidak mengecewakan akirnya lampu belajar tersambung dengan pipa pvc yang lebih panjang.
Penyambungan lampu dengan pipa PVC
Proses selanjutnya adalah membuat bagian bawah (dudukan) Lampu. Bagian ini nantinya yang akan bertugas menopang tiang beserta lampunya, tentu harus dibuat desain yang kuat dan tidak memakan tempat. Masih berkutat dengan pipa pvc, kali ini saya mulai berkreasi dengan sambungan pipa berbentuk “ T “ dan Siku. Pipa panjang sisa tiang (penyangga) lampu mulai saya potong dengan gergaji menjadi 4 bagian yang lebih kecil. Setelah terpotong dengan ukuran yang sama, barulah saya rangkai berbentuk kotak persegi yang lumayan kokoh. Tidak lupa pada bagian sambungan “T” saya lubangi dengan bor sebagai tempat kabel. Satu - persatu bagian dirangkai, termasuk instalasi kabel yang cukup disambungkan dengan kabel baru yang lebih panjang.
Proses penyambungan pipa bagian  bawah dengan bentuk persegi
Sebagai proses akir, pengecatan seluruh bodi menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Tujuannya tak lain sebagai pemanis buatan yang akan membuat nyaman mata orang yang memandangnya. Berbekal pilok (cat semprot) satu persatu bagian mulai tertutupi cat warna hitam mengkilap. Dalam proses penyemprotan cat, kita harus memperhatikan ketebalan cat
pada permukaan agar hasilnya lebih rata dan menawan. 
Poses pengecatan seluruh bodi
Setelah menunggu sekitar satu jam lamnya akirnya cat mulai mengering dan semua bagian lampu mulai terlihat hitam mengkilap yang cukup serasi. Saya juga menambahkan bekas pot plastik sebgai aksesoris pelengkap lampu. Ketika semua bagian saya rangkai, sungguh saya cukup puas dengan tampilan dan fungsinya. 
Hasil akhir lampu hias unik ala @zuhriwafa
Uji coba pertama saya buat untuk lampu pencahayaan pemotreetan (selfi) dan hasilnya cukup oke. Lampu serbaguna ini cocok untuk lampu tidur, lampu belajar atau lampu makan, dan untuk keperluan serbaguna lainya. Jadi silahkan sobat pembaca berkreasi sendiri dengan barng - barang bekas disekitar anda. Salam Inovasi

2 comments:

  1. Keren, penuh inspirasi.memang sering kali barang bekas selalu diabaikan, klo kita mau barang bekas tinggal poles dikit pasti bisa lebih manfaat lagi.

    ReplyDelete