Mengatasi tidak bisa instal ulang pada Asus A455L

Pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman ketika menginstal laptop ASUS seri A455L. Mungkin kalau hanya sekedar instal ulang tidak ada yang perlu dipermasalahkan akan tetapi saya mengalami kejadian unik yang menguras tenaga dan fikiran. Awalnya berjalan lancar akan tetapi setelah sampai pada klik instal muncul pesan 

"A required CD/DVD drive device driver is missing. If you have a driver floppy disk, CD, DVD, or USB flash drive, please insert it now.
saya mengira memang ada file yang rusak pada flasdisk bootable yang digunakan. Hampir 3 kali saya menggunakan rufus untuk membuat master instal ulang, akan tetapi masalah tersebut belum bisa diatasi. Sempat juga mencoba trik dengan mencabut flasdisk kemudian menancapkanya di port USB yang lain akan tetapi tetap saja belum berhasil. Permasalahan seperti ini sering terjadi pada laptop - laptop keluaran baru. 

Masalah tercerahkan ketika saya masuk ke BIOS dengan menekan tombol power + f2, Kemudian pilih advenced pilih USB Configuration tekan enter dan rubah XHCI Pre-Boot Mode atur ke [Disabled] selanjutnya save change and exit. Kemudian saya instal ulang seperti biasa dan berhasil sampai tujuan. 



Selamat mencoba sahabat teknoufa, tuliskan pengalaman anda pada kolom komentar. 



11 comments:

  1. GAN, ENTE CAKEP BANGET DAH........ PERMASALAHAN ANE UDAH TERPECAHKAN, UDAH SEMPET BINGUNG PAKE CARA INI ITU.... TOP DAH ENTE GAN.......... SUKSES SLLU DAH GAN...........

    ReplyDelete
    Replies
    1. permasalahan sepele bikin pusing ya, terimakasih sudah berkunjung gan

      Delete
  2. kenapa ya gan leptop saya ga bisa nge instal k winflash. saya instal melalui dvd driver bawahan dari pabrik nya. pas saya instal winflash. knapa failed.

    minta solusi nya ya ?

    ReplyDelete
  3. Muhamad ardi coba download lagi dari web resminya. Mungkin bisa lebih baik

    ReplyDelete
  4. Mantab mas bro... simple dan solved.... terimakasih banyak ya bro...

    ReplyDelete
  5. Bermamfaat sekali bagi orang awam seperti saya!!
    Terima kasih banyak infonya Kawan...!
    Semoga blog ini semakin jaya kedepannya !

    ReplyDelete
  6. Terima kasih, asli ngebantu banget. Di blog laen jelasinnya sesat. Semoga ilmunya berkah

    ReplyDelete