Cara merubah bahasa di windows 7 (pada laptop keluaran luar negeri)

Ceritanya bermula dari seorang teman saya yang bekerja di Taiwan. Lama bekerja disana ia sempat membeli sebuah laptop dengan merek Acer 4752G. Spesifikasinya cukup bagus, prosesor Core i5 lengkap dengan grafis Nvidia Gforce 1GB. 

Yang menjadi permasalahan adalah bahasa pada operating system (OS) laptop tersebut menggunakan bahasa dan jenis huruf mandarin (Taiwan). 

Hal ini memang sangat wajar. Baik laptop maupun perangkat elektronik lain yang dijual disuatu tempat harus menyesuaikan dengan tempat penjualannya. Namun bagi seorang pendatang seperti teman saya tersebut, tentu menjadi kesulitan tersendiri mengoperasikan laptop dengan bahasa yang bisa dibilang asing. Seperti yang kita tahu bahwa bahasa di Taiwan menggunakan huruf mandarin yang berbeda jauh dengan kebanyakan huruf yang kita kenal.

Sebelumnya saya berfikir ini hanya permasalahan yang kecil hanya merubah bahasa saja. Seperti biasanya saya langsung menuju  control panel --> setting bahasa. Tentu dengan sedikit kesulitan karena semuanya menggunakan huruf mandarin. Dengan berbekal menghafal icon serta letak kotak dialog saya mulai menemukan satu persatu settingan tersebut. Sudah saya pilih satu persatu pilihan bahasa dengan huruf mandarin tersebut namun hasilnya masih tetap sama (tidak ada perubahan). Mungkin Operating System (Windos 7) yang terinstal pada laptop tersebut memang hanya dikususkan dengan bahasa mandarin. Kemudian saya mulai mencari penyelesainya dan bertemulah suatu cara yang sesuai, berikiut ulasanya.

Merubah Bahasa pada Windows 7 dengan software Vistalizator dan MUI Language Pack
Untuk merubah bahasa pada windows laptop keluaran luar negeri ini, saya membutuhkan sebuah software Vistalizator yang bisa di download disini. Selanjutnya saya juga butuh MUI Language Pack yang bisa didownload disini. MUI Language Pack ini terdiri dari banyak bahasa yang bisa anda pilih. Kedua link tersebut akan membawa anda  ke laman www.froggie.sk. Dengan bantuan software tersebut maka kita bisa dengan mudah merubah bahasa windows. Misal bahasa jepang ke Indonesia, Cina ke Indonesia, Jepang ke Inggris, atau seperti yang akan kita lakukan yaitu dari bahasa Taiwan dirubah ke Inggris (English).

tampilan laman untuk download Viztalizator dan MUI Language Pack

Silahkan download kedua software tersebut dan sesuaikan dengan jenis windows pada laptop anda. Setelah selesai maka :

1. Instal Vistalizator
    
2. Pilih add Leaguage pada perintah no. 4 dari atas. Selanjutnya masukan MUI Language Pack yang sudah anda download sebelumnya. Jika berhasil pada kotak dialog Vistalizator akan menambahkan jenis bahasa baru yang anda instal tersebut.


3. Pilih English (versi yang saya download), kemudian Pilih Change Leaguage

4. Sangat disarankan untuk menghubungkan laptop dengan koneksi internet. Karena setelah kita klik Change Leaguage, maka akan muncul kotak dialog lagi yang mengharuskan update dua file windows. Nanti anda akan di berikan dua link aktif untuk mendownload update tersebut. 

5. Setelah semua seleseai maka anda akan diminta untuk restart. Jika berhasil maka windows akan berubah bahasa.


Selamat Mencoba !

2 comments:

  1. Jawaban dari anda untuk mengubah bahasa dalam komputer saya tidak puas.saya memakai windos 7.dan saya ingin merubah bahasa cina ke inggris

    ReplyDelete
  2. Bahasa dalam komputer saya semuanya bahasa cina.
    Jadi ingin minta tolong agar saya harus KLIK MENU APA supaya saya mencari prosedur untuk mengubah bahasa tersebut

    ReplyDelete