Cara Mengatasi Partisi Hardisk yang Hilang

Penulis akan berbagi pengalaman tentang masalah partisi hardisk yang tidak tampil / tidak terdeteksi / hilang / hidden di "explorer". Mungkin sahabat pembaca juga pernah mengalami kejadian serupa. Jadi ceritanya sehabis instal ulang windows 10 pada laptop asus, saya dikagetkan dengan tidak munculnya drive D dan drive E padahal saya ingat betul waktu pembagian partisi sudah disetting dengan benar. Pada tampilan ekplorer waktu itu hanya drive C (system) saja yang tampil. Saya sudah hampir pasrah, mungkin memang harus instal ulang. Masalah tercerahkan setelah saya browsing hingga akhirnya mendapat informasi penting dan akhirnya partisi muncul kembali. berikut ini cara menampilkan partisi hardisk yang hiang setelah instal ulang : 

1. Buka Explorer kemudian klik kanan "This PC" selanjutnya pilih / klik "Manage"





2. Proses selanjutnya akan terbuka layar Computer Management, pilih "storage" kemudian pilih "Disk Management". Pada bagian tengah kotak dialog akan muncul semua partisi hardisk yang tersembunyi. Pilih salah satu hardisk yang ingin ditampilkan kemudian klik kanan dan pilih "Change Drive Letter and Paths..."



3.   Setelah langkah di atas selanjutnya adalah mengganti Drive Letternya, Klik “Change” dan klik ok


Cara ini sudah berhasil saya gunakan. Selamat Mencoba ....


0 comments:

Post a Comment