Mengatasi BBM Error "Ups Pindahlah ke area ..."

Aplikasi BBM dengan fitur - fiturnya yang keren menjadi salah satu aplikasi android yang hampir ditemui disetiap smartphone. Aplikasi "chating" ini memiliki jutaan pengguna yang tersebar diseluruh dunia. Namun dibalik semua itu BBM juga memiliki beberapa kelemahan terkait keamanan dan bug setelah update. Di awal tahun 2017 aplikasi BBM heboh dengan adanya serangan pesan Join Chanel "Saluran BBM" yang disinyalir ulah dari para orang - orang tidak bertanggung jawab. Bagi mereka yang terlanjur ikut join, terancam keamanan akunya. Alhasil banyak yang meng-uninstal aplikasi tersebut kemudian melakukan login ulang. Namun di beberapa smartphone mengalami kendala saat melakukan login ulang. Muncul pesan peringatan seperti berikut :



"Ups Pindah ke area dengan cakupan lebih baik, atau coba hubungkan ke jaringan Wi-Fi"

Muncul Pesan BBM seperti ini ?
kejadian ini juga berlaku pada ponsel xiomi mi4c , awalnya saya mengira memang bermasalah dengan koneksi internet. Saya mencoba memindahkan ke area Wi-Fi berkecepatan tinggi tetapi hasilnya tetap sama. Saya baru menyadari ada permasalahan pada ponsel yang saya pakai setelah menggunakan ponsel lain untuk login BBM. Pada ponsel lain tersebut akun BBM yang saya pakai berhasil login dengan mudahmenggunakan jaringan internet yang sama. Dari berbagai sumber yang yang saya dapat terdapat dua cara :

#Cara 1
masuk ke Pengaturan/Setelan > Pengaturan lainnya > Jaringan mobile > Nama titik akses > pilih paket data yang dipakai. Lalu pada bagian Proxy dan Port, dikosongkan.

#Cara 2
masuk ke PlayStore kemudian pada kolom pencarian ketik "Android System WebView" lakukan update sampai proses selesai.

Setelah menggunakan #cara 2, saya berhasil login BBM seperti biasa pada ponsel xiomi mi4c. Selamat mencoba, dan tulisankan pengalaman anda pada kolom komentar. 

1 comment: