Mengenal HMI jenis PROFACE dan GP-Pro EX



Proface adalah salah satu dari jenis HMI yang berbentuk papan layar sentuh yang dapat digunakan sebagai I/O berbasis GUI pada PLC. 

Penggunaan proface di Pabrik Semen Indonesia merupakan salah satu inovasi yang dapat mempermudah operator  melakukan monitoring dilapangan. Proface dipasang didekat mesin – mesin yang sedang produksi, dengan menampilkan data secara realtime yang diakses dari PLC dan Server. Sehingga ketika terjadi trouble maka operator lapangan dapat memantau langsung kondisi mesin secara detail melalui data – data yang ditampilkan oleh proface.



Untuk dapat memprogram hardware proface, maka hardware tersebut harus dihubungkan dengan  PC / Laptop yang sudah terinstal software GP-Pro EX . Pada software tersebut terdapat beberapa icon yang digunakan untuk merancang sebuah tampilan Input / Output. Program yang sudah dibuat / didesain dapat juga disimulasikan sebelum ditransfer ke hardware proface. Cara kerja dari proface adalah mengintegrasikan alamat port pada program PLC dengan icon – icon yang terdapat pada proface. Ketika alamat port PLC yang diinputkan pada icon – icon proface maka akan terjadi proses singkronisasi. Hasilnya adalah proce dapat digunakan sebagai input / output PLC secara GUI pada papan layar sentuh.

0 comments:

Post a Comment