Rangkaian Trainer Power Supply



Power Supply adalah suatu rangakain elektronika yang menyediakan sumber tegangan pada semua peralatan elektronika. Power Supply juga sering disebut dengan catu daya atau adaptor. Cara kerja rangkaian ini adalah dengan menurunkan dan mengubah tegangan AC (Alternating Curent) dari jala-jala listrik menjadi tegangan DC (Direct Curent) yang siap untuk di gunakan pada peralatan elektronika. Ada dua jenis power supply berdasarkan cara kerjanya, yang pertama adalah power supply konvensional dan yang kedua adalah jenis switching (SMPS). 

Power supply konvensional adalah jenis powersupply yang prinsip kerja utamanya dimulai dari trafo stepdown. Trafo digunakan untuk menurunkan tegangan  220 volt AC dari Jala - jala listrik PLN menjadi tegangan yang lebih kecil misal 12 / 18  volt AC, kemudian tegangan AC yang lebih kecil tersebut disearahkan oleh dioda bridge dan difilter menggunakan kapasitor Electrolit (elco) . Dari Elco tegangan berlanjut melewati rangkaian penyetabil IC Regulator LM7812 untuk tegangan positif dan LM7912 untuk tegangan negatif, Efeknya adalah tegangan yang masuk rangkaian tersebut menjadi stabil 12 Volt. Sedangkan untuk menguatkan arusnya maka dibutuhkan Transistor pada bagian outputnya. 



Rangkaian diatas dilengkapi dengan sakalar kesalahan (S1 s/d S6) dan test poin (TP1 s/d TP.12) yang digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran. Dengan saklar - saklar kesalahan tersebut kita dapat melakukan serangkaian uji coba troubleshoting, sehingga kita lebih tau cara kerja rangkaian. Jika rangkaian tersebut digunakan untuk kebutuhan selain pembelajaran, anda dapat langsung menyambung saklar kesalahan (diabaikan). 

0 comments:

Post a Comment